UIN Gus Dur Kerjasama dengan UIN Bandung dalam Pendirian Lembaga Pemeriksa Halal

Dalam rangka mendukung pengembangan industri halal di Indonesia, khususnya di bidang sertifikasi produk halal, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan akan mendirikan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Lembaga ini nanti akan bernaung di bawah lembaga Halal Center dan berdampingan dengan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) yang sudah ada.

Untuk mewujudkan lembaga tersebut Rektor, Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. pada tanggal 24 Juni 2024 telah melakukan penandatangan Memorandum of Undestanding (MoU) dengan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag. Isi kerjasama ini meliputi pendirian LPH, penggunaan laboratorium halal, dan pembinaan bagi Sumber Daya Manusia. Dengan kerjasama ini diharapkan pendirian LPH bisa semakin cepat. Dengan lembaga ini diharapkan para pelaku usaha di wilayah Pekalongan bisa terlayani dengan kebutuhan sertifikasi halal, khususnya jalur reguler.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Kepala Pusat Kajian Halal Center UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Dr. Kuat Ismanto, M.Ag. dengan Kepala Pusat Kajian Halal UIN Sunan Gunungjati Bandung Dr. Tri Cahyanto, M.Si. perjanjian kerjasama ini dilakukan untuk memperlancar kegiatan yang berkaitan dengan sertifikasi halal.

Saat ini, Halal Center UIN Gus Dur sudah memiliki LP3H yang berdiri sejak tahun 2023 dan telah membantu Pelaku Usaha memperoleh sertifikat halal dengan jalur Self Declare (gratis). Ke depan, LP3H juga sudah membuat komitmen bersama BPJPH untuk meningkatkan layanan dan target perolehan sertifikat halal bagi pelaku usaha UMKM. Dengan keberadaan LPH, diharapkan akses masyarakat untuk sertifikasi produk halal semakin meningkat.


ReporterĀ  : Dr. Kuat Ismanto, M.Ag.
RedakturĀ  : Humas LP2M