Tingkatkan Produktivitas Karya Dosen, PSGA UIN Gus Dur Gelar Pelatihan Penulisan Buku Ajar Responsif Gender

Pekalongan (7/8) – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan adakan pelatihan penulisan buku ajar responsif gender dengan narasumber Dr.Iklilah Muzayyanah DF, M.S.I (dosen pasca sarjana kajian gender Universitas Indonesia) dan  Dr. Ida Rosyidah, M.A. (pegiat gender dan dosen sosiologi FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), acara diselenggarakan selama dua hari tanggal 7 dan 8 Agustus 2023 di Ruang Meeting GPT Lantai 3 Kampus 2 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Kegiatan Pelatihan Penulisan Buku Ajar Responsif Gender ini dimaksudkan mengajak dosen turut serta dalam mengimplementasikan intergrasi gender dalam Pendidikan dan pengajaran yang diwujudkan melalui perkuliahan dan produktivitas buku ajar sebagai sumber belajar mahasiswa. , tutur Ningsih Fadhilah selaku kepala Pusat Studi Gender dan Anak. Adapun output dari kegiatan ini adalah diterbitkannya buku karya dosen responsif gender, sehingga menambah khazanah keilmuan serta meningkatkan jumlah karya dosen UIN Gusdur. Buku ajar yang diharapkan adalah buku yang tidak hanya menjelaskan konseptual semata, namun buku yang memiliki nilai keberpihakan, buku yang mampu membongkar nilai-nilai ketidakadilan melalui narasi-narasi ilmiahnya, redaksi bahkan ilustrasi didalamnya. Substansi buku harus menekankan pada basis nilai-nilai kemanusiaan, kemitraan, keadilan, dan penghargaan sesuai dengan prinsip ajaran Islam yang Rahmatan Lil’alamiin, tegasnya.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M Prof. Dr. Imam Kanafi, M.Ag., memberikan pesan kepada dosen UIN Gusdur khususnya para dosen muda bahwa sudah seharusnya pemuda menjadi kunci majunya kesetaraan gender khususnya dilingkungan kampus kita tercinta, dan hendaknya kita belajar dan melihat gender secara komprehensif.  Besar harapan dari kegiatan ini dapat meningkatkan komitmen kita semua untuk menjadi agen kesataraan gender, tidak cukup hanya dengan tahu dan sadar gender namun butuh lebih dari itu yakni responsif gender, ucapnya. Output  dari kegiatan ini adalah terbitnya buku ajar yang responsif gender.

Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan oleh Dr. Ida Rosyidah, M.A. tentang pemahaman dasar tentang gender, uniknya, beliau menyampaikan materinya dengan sisipan permainan-permainan yang menyenangkan sehingga kegiatan ini tidak terasa jenuh. Penjelasan materi yang runtut dan menarik juga menjadi daya tarik tersendiri yang menjadi kunci terkondusifnya acara tersebut, Di antara hal yang beliau sampaikan adalah: penjelasan mengenai pemahaman dasar gender, fenomena bias gender yang terjadi di Masyarakat dan pemaparan terkait akses partisipasi kontrol dan manfaat (APKM) yang menjadi kunci indicator adil gender. selain itu  beliau juga menjelaskan bagaimana cara atau langkah menyusun buku ajar yang baik dan terstandar, serta perbedaan antara buku ajar,buku refrensi dan monogra

Begitu pula narasumber satunya yakni Dr.Iklilah Muzayyanah DF, M.S.I, tidak kalah menariknya, beliau membahas tentang urgensi integrasi nilai-nilai moderat dan adil gender pada penyusunan buku karya dosen. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa pemahaman tentang gender sangat penting dimiliki ketika kita berbicara tentang moderasi beragama. Karena cara pandang yang moderat dapat dicapai ketika kita paham tentang nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan, sehingga keadilan gender inilah sebagai lensa untuk membongkar cara pandang yang lebih moderat., tuturnya.

Konstruksi patriarki sudah sangat kental di masyarakat kita dan bahkan masuk dalam alam bawah sadar kita. Laki-laki memiliki previlage lebih di dalam konstruksi masyakat yang telah lama mengakar. Nilai-nilai yang tidak setara sejak awal itulah yang perlu dibongkar menjadi redaksi ilmiah yang akan dikonsumsi oleh publik, wabil khusus mahasiswa yang akan kita ajar. Inilah pentingnya buku ajar dosen harus responsif gender, pungkasnya.


Reporter  : Ningsih Fadhilah, M.Pd.
Redaktur  : Humas LP2M