Sumurkidang: Desa dengan beragam potensi sumber daya alamnya

Ekonomi merupakan kegiatan yang memobilisasi setiap individu dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Tak terkecuali disuatu perdesaan, kegiatan ekonomi juga merupakan unsur mobilitas setiap warganya. Hanya saja diperdesaan kegiatan ekonomi mungkin tidak terlambangkan sampai pada titik persaingan. Kendati banyak sektor bahan yang berasal dari desa ketika beralih ke perkotaan berubah menjadi aspek ekonomis yang unggul seperti sayur mayur, cabai dan sepadannya.

sumurkidang

Tidak hanya disektor pangan, desa seringkali dengan sumber daya alamnya seperti tanah dan bebatuan atau bahkan sumber mata airnya. Tidak jarang ketika dikaitkan dengan perkotaan atau setidaknya dengan grafis kehidupan sekarang. Aspek alamnya juga lambat laun berubah menjadi nilai ekonomis yang diperebutkan.

Sumurkidang, termasuk satu dari ribuan desa yang memiliki potensi alam bernilai ekonomis. Salah satunya dari kekayaan alam bebatuannya yang bersumber dari sungai terusan bendungan comal di dukuh gedunglaga. Selain itu dengan kondisi permukaan tanahnya tidak terlalu rendah dan tinggi, desa ini menjadi salah satu desa dengan penghasil beras yang melimpah. Hampir mayoritas mata pencaharian di desa sumurkidang terbagi sebagai petani dan pencari batu kali.

Mahasiswa KKN IAIN Pekalongan angkatan 47 salah satu kelompoknya ditempatkan di Desa Sumurkidang. Sejak 7 oktober 2019 para mahasiswa sudah bermukim di desa tersebut. Dan kebetulan dengan tema yang sejalan Para Mahasiswa langsung menyoroti potensi alam yang ada di desa sumurkidang.

Di sektor pertanian, berdasarkan pengakuan dari Bapak Syafi’i selaku Kasie Perencanaan Desa Sumurkidang ternyata potensi alam persawahannya mendapat perhatian yang cukup serius dari Dirjen Pertanian yang ditandai dengan dibangunkannya “Rumah Kompos” sejak tahun 2010 silam. Namun sayangnya kini rumah kompos tersebut seakan mati suri. Hanya terbekalai tanpa ada perawatan dan pengelolaan lagi. Naasnya dihalaman sekitarnya justru dijadikan tempat pembuangan sampah.
(Kelompok 37 Desa Sumurkidang Kec. Bantarbolang Kab. Pemalang – Berita Minggu Ke 1)