Singkong Sebagai Potensi Sumber Daya Warga Desa Kuta

KUTA- Desa Kuta merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang,Suhu di desa Kuta tergolong cukup dingin. Jadi banyak tanaman-tanaman yang tumbuh di tanah desa Kuta diantaranya, Padi,Melinjo,Pisang,Nanas,Kelapa,dan Singkong.Sebagian besar warga desa Kuta berprofesi sebagai petani dan pedagang.

Menurut pengamatan kami,warga desa Kuta banyak yang menanan singkong,hampir disetiap lahan ada tanaman singkongnya,selain proses penanaman dan perawatannnya yang mudah,singkong menjadi penghasilan yang cukup membatu perekonomian warga setempat.

Para petani memanfaatkan singkong sebagai potensi sumber daya. singkong dapat diolah menjadi berbagai macam jajanan tradisonal maupun modern.Berdasarkan wawancara dengan salah satu warga ibu Turiyah Minggu (20/10) lalu mengatakan, “kalau warga kuta biasaya mengolah singkong menjadi kripik singkong kalau nggak ya dibuat jajanan tradional seperti growol,gebral,uwis-uwis,ondol-ondol,gethuk dan lain sebagainya”

Kami kembali menanyakan “lalu bagaimana pemasaran atau penjualannya bu?”, ya biasanya di jual ke pasar-pasar, kalau kripik ya menyetok ke toko-toko mbak” tutur ibu Turiyah. Untuk tanaman yang lainnya seperti nanas,pisang dan lain-lain warga kuta belum bisa mengoalah menjadi jajanan yang menarik, mereka biasanya hanya menjual buahnya lansung atau biasa kalau orang Kuta menyebutnya “mentehan”.

Diharapkan dengan adanya singkong sebagai potensi sumber daya warga Kuta, singkong dapat diolah sedemikian rupa lagi supaya menjadi sesuatu yang menarik dan luar biasa agar bisa lebih meningkatkan perekonomian warga desa Kuta sendiri.
Kelompok 24 Desa Kuta Kec. Belik Kab. Pemalang – Berita Minggu Ke 2