Siapkan Pendirian Lembaga Pemeriksa Halal, HC UIN Gusdur Adakan Workshop

Kebutuhan sertifikat halal bagi pelaku usaha UMKM untuk bersaing di masa depan adalah sebuah keharusan. Untuk bisa memperolehnya, pelaku usaha telah difasilitasi oleh BPJPH Kemenag melalui program SEHATI (Sertifikat Halal Gratis). Dengan dampingan Pendamping PPH pelaku usaha bisa mendeklarasikan produknya sebagai produk halal melalui website sihalal. UIN K.H. Abdurrahman Wahid sebagai salah satu PTKIN yang memiliki Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) dan telah melakukan pendampinga kepada pelaku usaha.

Dalam rangka untuk mempercepat pencapaian sertifikat halal yang telah dijalankan, Halal Center UIN Gusdur mengadakan kegiatan ”Refreshment Pengelola dan Pendamping PPH”. Acara ini diselenggarakan di Hotel Dafam dengan peserta pimpinan perguruan tinggi, pengelola BLU, pengelola halal center, dan para pendamping baik dari unsur masyarakat, mahasiswa, dan para penyuluh agama di wilayah eks karesidenan Pekalongan. Antusiasme mereka tergambar pada semaraknya acara dengan banyaknya pertanyaan dari peserta.

FOTO BERSAMA : Narasumber, Kepala Pusat Kajian Halal UIN Gusdur Pekalongan, dan Peserta Workshop Refreshment Pengelola Pendamping Halal di Hotel Dafam Pekalongan Kamis 13 Juli 2023

Kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk workshop dengan menghadirkan narasumber dari halal center UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Nurcahyanto, M.Si. dan Dr, Neneng Widayanti, M.Pd. Narasumber pertama menyampaikan prospek kelembagaan LP3H dan kemungkinannya UIN Gusdur mendirikan LPH (Lembaga Pemeriksa Halal). Lembaga ini bisa memfasilitasi pelaku usaha dengan pengajuan sertifikat halal reguler. Sementara itu, narasumber kedua menyampaikan tip dan trik para pendamping untuk melakukan pendampingan agar capaiannya bisa maksimal.

FOTO BERSAMA : Narasumber, Sekretaris LP2M, Kepala Pusat Kajian Halal, dan Peserta Workshop Refreshment Pengelola Pendamping Halal di Hotel Dafam Pekalongan, Kamis 13 Juli 2023

Pada kesempatan tersebut, Dr. Kuat Ismanto, M.Ag. selaku direktur halal center UIN Gusdur berharap bahwa halal center bisa mengembangkan LPH. LP3H yang ada tetap dikembangkan agar fasilitasi gratis bisa diserap masyarakat, namun yang usaha menengah dan reguler juga bisa terlayani. Ke depan, kampus kita akan memiliki LPH karena sudah memiliki fasilitas gedung, auditor halal, dan juga penyelia halal. Dukungan dari semua kalangan dibutuhkan untuk membentuk ekosistem halal di wilayah ini sangat dibutuhkan.


Reporter  : Dr. Kuat Ismanto, M.Ag.
Redaktur  : Humas LP2M