SAYANGI TUBUH KITA DENGAN MAWAS DIRI DAN QUICK WINS

ragatunjung

Pada hari selasa kita dapat undangan untuk menhadiri sosialisasi mawas diri ini pembeiranya dari diknas kesehatan kecamatan paguyangan yaitu pa Lukman. Dan dihadiri ibu-ibu Kader, ibu FKD dan PKK . kemudian pa lukman menjelaskan apa itu SMD (Sosialisasi Mawas Diri) ini adalah mengintropeksi diri yang sudah kita lakukan tentang kesehatan kira sehari-hari. Tempatnya di balaidesa. Sebelum pa lukman dari diknas kesehatan menyampaikan materi ada sambutan dri pa lurahnya. Materi yang disampekan ini semisal tentang makanan yang mengandung micin. Mcin untuk kesehatan ini kurang baik dikarenakan bisa juga menghambat untuk keluarnya ASI. Dan memberi tentang ibu hamil bagaimana menjaga kehamilannya baik untuk ibunya dan anaknya sehat.

Dan setelah penyuluhan tetang mawas diri ini diknas kesehatan melanjutkan penjelaskan / memberi materi lagi tentang quick wins. Quick Wins ini adalah program Pelayanan Darah adalah program untuk mendukung Nawacita di bidang kesehatan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu. Di antaranya dengan meningkatkan akses pelayanan darah yang berkualitas yang dilakukan melalui kerja sama antara Puskesmas, UTD, dan RumahSakit. Quick qins ini dari diknas kesehatan ini bertujuan untuk menjamin tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, bersalin dan nifas, dan juga meningkatkan peran serta masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela. Dengan adanya program ini diharapkan kekurangan jumlah kantong darah dan jenis golongan darah langka dapat dipenuhi.

Setalah semua materi disamapaikan dari diknas kesehatan memberi waktu untuk tanya jawab tentang seua materi yang sudh disampekannya. Kemudian ada yang bertanya tetntang quick win yaitu dari perwakilan ibu pkk. Setlh kegiatan ini selesai kita makan bersama dengan bapa ibu perangkat desa. Setelah selah itu kebersihan kita melakukan pulang untuk istrahat dan mealkukan evaluasi yang telah kita kerjaan tadi siang dan di lanjutkan malam untuk rapat kembali tentang pembentukan jadwal dibalaidesa, di lanjutkan rapat pemantatapan proker yang sudah tesusun. Dan biasa momen rapat pasti kita ada esbeakcingnya untuk menyegarkan fikiran yang lagi asyik membibarakan kedapannya. Kemuadian selesai rapat. Kemudian ibu lurah mendatangi kita ke posko untung bershering shering denan kita tentang proker kita ynag nantinya mau disampekan kembali kepada bapa kepala desa. Setelah semua yang sudah ibu luarh sampekan itu kitalah bersih badan untuk bberistirahat mengyegarkan badan untuk israhat dan bersiapan kesehatan untuk hari esok.
(Kelompok 54 Desa Ragatunjung Kec. Paguyangan Kab. Brebes – Berita Minggu Ke 1)