Peningkatan Potensi Sumber Daya Manusia di Umkm Desa Wanareja

Brebes – Sirampog – Desa Wanareja sebagai salah satu desa terkecil di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes dengan mayoritas pekerjaan warganya yaitu sebagai petani. Salah satunya petani jagung, banyaknya potensi jagung tersebut membuat Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Pekalongan berinisiatif untuk meningkatkan pengetahuan warga dalam mengolah dan memasarkan produk yang dihasilkan.

Desa Wanareja memiliki UMKM yang setelah panen jagung tersebut dijemur kemudian jagung tersebut dirontokkan. Kelompok UMKM tersebut cukup banyak. Namun dalam keberjalanannya, produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut hanya dipasarkan melalui system “offline”. Oleh karena itu, kami Tim KKN IAIN Pekalongan Desa Wanareja, berinisiatif memberikan pencerdasan mengenai teknologi online dan membuatkan akun penjualan “online” salah satu UMKM di Desa Wanareja.

Selain itu, Tim KKN IAIN Pekalongan juga melihat adanya potensi jagung selain dikeringkan, yaitu dengan dibuatnya susu jagung. Dimana, jagung tersebut dapat dijadikan susu yang menyehatkan dan menyegarkan. Sehingga Tim KKN IAIN Pekalongan memberikan pengajaran kepada UMKM Desa Wanareja untuk mengolah jagung menjadi susu yang menyehatkan dan menyegarkan.
Kelompok 44 Desa Wanareja Kec. Sirampog Kab. Brebes – Berita Minggu Ke 2