Pengelola Halal Center UIN Gusdur Ikuti TOT Manajemen Halal Internasional

PEKALONGAN, 30-08-2023 Industri halal telah dan sedang menjadi tren bisnis di dunia, baik di negara berpenduduk mayoritas Muslim maupun non-Muslim. Malaysia menjadi negara yang cukup dinamis mengembangkan produk halal dan standarisasinya. Di antara Lembaga yang mendukung industri halal di dunia ini adalah Perguruan Tinggi. Untuk mendukung itu, maka diperlukan pengembangan SDM dengan melakukan Training of Trainer (TOT). Salah satu TOT yang diselenggarakan oleh Institute of Waqaf and Halal Research (IWaH) Universiti Teknologi Mara Malaysia adalah pelatihan Manajemen Halal Malaysia. Acara dilaksanakan selama 4 hari, 21-24 Agustus 2023. Lembaga ini menjadi pusat kajian halal dan laboratorium halal. Lembaga ini berlokasi di Kota Samarahan, Sarawak Malaysia. Dengan infrastruktur dan SDM yang berkompeten pada lembaga ini telah mampu berkontribusi kepada perkembangan industri halal.
Acara ini diikuti oleh pengelola Halal Center dari beberapa Halal Center di PTKIN. Halal UIN Gusdur berkesempatan mengikuti acara ini, yaitu Dr. Kuat Ismanto selaku Kepala Pusat Kajian Halal. Dengan acara ini, ia berharap industri halal di Indonesia berkembang dan Halal Center UIN Gusdur bisa berkontribusi dengan baik. Halal Center UIN Gusdur telah ikut berkontribusi pada sertifikasi produk halal secara gratis yang diselenggarakan oleh BPJPH Kemenag RI. Saat ini, para pendamping PPH telah membantu UMKM Memperoleh sertifikat halal sebanyak 2.350 buah.
Pada acara ini peserta TOT memperoleh pemaparan materi dari berbagai narasumber yang kompeten. Materi yang disampaikan adalah: 1) perkembangan industri halal di Malaysia; 2) manajemen pengelolaan manakanan (Food Handling) dari Kementerian Kesehatan Malaysia; 3) peran ulama Malaysia dalam prosesi produk halal; 4) kunjungan ke pusat penyembelian hewan bersertifikat halal. Di antara pemateri pada TOT ini adalah Dr Mohd Syahiran Bin Abdul Latif, Puan Junaidah binti Mat Jusoh, Ustaz Mohamad bin Sinosi, dan Dr. Mohammad Isa Mohamadin
Pengelola Halal Center UIN Gusdur, Dr. Kuat Ismanto, M.Ag. selaku salah satu peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Menurutnya, banyak materi yang bisa dikembangkan di Indonesia. Sesungguhnya industri halal Indonesia bisa lebih maju dan berkembang, sebab penduduk mayoritas Indonesia adalah Muslim dan memiliki jumlah produk halal yang banyak. Maka sari itu, ia berharap bahwa Halal center UIN Gusdur bisa berkontribusi lebih banyak kepada industri ini, sebagaimana dicanangkan oleh BPJPH Kemenag RI.


Reporter  : Dr. Kuat Ismanto, M.Ag.
Redaktur  : Humas LP2M