Pemilihan Duta Gender 2023 UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Kolaborasi UKM SIGMA dan Pusat Studi Gender dan Anak dalam Kegiatan Festival Gender

UKM SIGMA bersama PSGA (Pusat Studi Gender dan Anak) UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur), adakan Pemilihan Duta Gender 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari yaitu di tanggal 29 Oktober, 12, dan 18 November 2023. Yang diantaranya merupakan tahap 1, gelar wicara, dan tahap grand final.

Kegiatan ini mengusung tema “Voice for change: How Gen Z brings the optimism on gender equality in Preventing Sexual Violence” Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyuarakan Gen Z membawa optimisme kesetaraan gender dalam Mencegah Kekerasan Seksual khususnya pada remaja yang rentan akan tindak kekerasan. Pemilihan duta gender ini dilakukan untuk memilih mahasiswa terhebat dari yang hebat guna untuk menjadi front liner dan ambassadors untuk UKM SIGMA, PSGA, dan UIN, diharapkan nantinya mereka bisa menginfluence teman-teman mahasiswa UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan atau bahkan Masyarakat sekitar.

Kegiatan ini berkonsep kompetisi yang diadakan oleh pengurus UKM SIGMA dan PSGA dalam upaya edukasi nilai-nilai kesetaraan Gender dan Gerakan anti kekerasan. Hal ini merupakan satu Langkah kecil untuk mengimplementasikan visi dan misi dari UKM SIGMA, papar Bilal selaku Ketua UKM SIGMA periode tahun 2023.

Ada tiga tahap dari pemilihan duta gender kali ini yaitu pada tanggal 29 Oktober 2023 tahap 1 yang berisikan rangkaian antara lain tes tertulis tes penyuluhan dan tes interview, kemudian pada tanggal 12 November 2023 tahap 2 yang termasuk ke dalam penilaian kami UKM SIGMA mengadakan SIGMA GELAR WICARA di Desa Sinagohprendeng Kecamatan kajen dan Desa Randumuktiwaren Kecamatan Bojong, dimana disini ke-16 besar calon duta terpilih di bagi menjadi kedua kelompok dan diberikan kesempatan untuk terjun langsung ke masyarakat dan juga sebagai salah satu tahapan penilaian pemilihan duta gender, Kemudian dilanjutakan tahap ke-3 atau grand final duta gender yang dilakukan tanggal 18 November kemarin yang berisikan rangkaian tahap yaitu seleksi minat bakat orasi visi misi dan proker kemudian dilanjutkan QnA (seleksi tanya jawab).

Menurut Bilal, Ketua UKM SIGMA, berbagai rangkaian dan tahapan pemilihan duta gender ini diharapkan terpilihnya duta gender yang berkualitas dan kompeten dibidangnya. “Sangat berharap teman-teman yang terpilih adalah mahasiwa yang nantinya bisa digandeng oleh UKM SIGMA dan PSGA” ungkap Bilal. Dan kemarin pada tanggal 18 November 2023 sudah terlaksana kegiatan grand final Duta Gender 2023 UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang dilaksanakan di Perpustakaan UIN KH. Abdurrahman Wahuid Pekalongan Lantai 1 terbuka untuk umum dan disaksikan oleh mahasiswa UIN Gus Dur.

Adapun Duta terpilih menjadi juara yaitu: Khairul Adnani (Prodi PAI) Juara I Putra Duta Gender 2023, Dewi Khalawatul Widati (Prodi HKI)Juara I Putri Duta Gender 2023, Nico Yuanda Rais (Prodi TP) Juara II Putra Duta Gender 2023, Susiana Dewi (Prodi PAI) Juara II Putri Duta Gender 2023, A. Faiq Bahtiar (Prodi HTN) Juara III Putra Duta Gender 2023, dan Luthfiyatun Nisa (Prodi PGMI) Juara III Putri Duta Gender 2023.

Kegiatan ini sudah menjadi program kerja UKM SIGMA dalam mengkampanyekan Gerakan adil gender dan anti kekerasan di kampus dan di luar kampus. Pemilihan Duta Gender untuk memilih dan mewadahi bagi mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kepekan lebih di bidang gender. Dari adanya kegiatan ini, UKM SIGMA membentuk front liner dan influencer gender UIN Gus Dur, khususnya untuk mahasiswa dan generasi muda untuk terus sadar akan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan dan terus menegakkan keadilan.


Reporter  : Ningsih Fadhilah, M.Pd.
Redaktur  : Humas LP2M