Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Anak Balita dan Bayi di Desa Pegiringan

pegiringan

PEGIRINGAN- Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan, yang meliputi kegiatan pemberian imunisasi, pelayanan gizi masyarakat, dan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Di Desa Pegiringan kegiatan Posyandu dilaksanakan secara rutin sebulan sekali, khususnya kegiatan Posyandu anak balita dan bayi. Kegiatan posyandu di Desa Pegiringan sendiri berlangsung di lima tempat yaitu Posyandu Mawar I, Posyandu Mawar II, Posyandu Mawar III, Posyandu Mawar IV, dan Posyandu Mawar V.

Kamis 10 Oktober 2019 kegiatan posyandu Desa Pegiringan dilaksanakan di Posyandu Mawar V, bertempat di rumah Ibu Roah RT 06 RW 05. Kegiatan posyandu dilaksanakan dalam rangka memberikan pantauan terhadap tumbuh kembang anak balita dan bayi, sehingga ketika ada anak yang terdeteksi mengalami suatu gangguan maupun kelainan dapat ditangani sedini mungkin.

Beberapa jenis pelayanan yang diberikan antara lain: pemeliharaan kesehatan anak balita dan bayi, penimbangan bulanan, pengukuran tinggi badan, pemberian makanan tambahan, dan imunisasi bagi bayi usia 0-11 bulan.

Menurut Ibu Isti yang merupakan Bidan di Desa Pegiringan tujuan pokok dari kegiatan Posyandu anak dan bayi antara lain untuk: “Mempercepat penurunan angka kematian bayi, anak balita dan angka kelahiran, mempercepat penerimaan norma kecil keluarga bahagia sejahtera (NKKBS), dan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan dan lainya yang menunjang, sesuai dengan kebutuhan”.

Kegiatan Posyandu sama sekali tidak dipungut biaya, seratus persen gratis. Hanya saja masyarakat yang datang untuk mengecek tumbuh kembang anak balitanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 1000, sedangkan bagi masyarakat yang bayinya diimunisasi maka akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.2000. Hasil dari uang administrasi tersebut dimasukan sebagai uang kas yang nantinya digunakan oleh kader Posyandu untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan administrasi Posyandu tersebut.

Adanya kegiatan Posyandu tersebut disambut sangat antusias oleh masyarakat Desa Pegiringan khsusnya yang berada di wilayah Posyandu Mawar V. Hal ini dibuktikan dengan meriahnya ibu-ibu yang mengantar anak balitanya untuk ditimbang dan diukur tingginya serta ibu-ibu yang membawa anak bayinya untuk mendapatkan imunisasi.
(Kelompok 34 Desa Pegiringan Kec. Bantarbolang Kab. Pemalang – Berita Minggu Ke 1)