Melimpahnya Padi di Desa Wanarata

Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memeuhi kebutuhan hidup manusia yang tergolong di dalamnya itu tidak hanya komponen biotik saja seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme akan tetapi juga komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia.

Desa Wanarata merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Desa ini memiliki banyak tanah yang luas, tanah yang luas ini dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk menanam padi, jagung, dan lainnya. Sawah di Desa Wanarata ini dikelilingi oleh pemandangan bukit serta gunung slamet. Biasanya pada pagi dan sore hari, pemandangan tersebut tampak jelas dan indah untuk dipandang.

Sebagian besar mata pencaharian masyarakat desa Wanarata ini sebagai petani. Padi merupakan salah satu komoditas utama yang dihasilkan dari hasil pertanian ini. ketika tiba musim panen, petani akan disibukkan dengan berbagai macam kegiatan pengolahan dari bentuk biji (gabah) hingga menjadi beras.

Pemanfaatan Beras

Selain menjadi makanan pokok, beras juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan makanan. Salah satu makanan khas Desa Wanarata yaitu Apem Wanarata. Masyarakat Desa Wanarata banyak yang membuat apem Wanarata, salah satunya yang paling terkenal yaitu Bu Salamah. Menurut Bu Salamah bahwa bahan baku utama pembuatan apem yaitu tepung beras. tepung beras ini dihasilkan dari beras hasil panen mereka yang kemudian digiling sehingga menghasilkan tepung dan tepung inilah yang nantinya akan dicampur dengan bahan lainnya seperti gula merah sehingga akan menjadi adonan apem, Sabtu (19/10). Apem Wanarata merupakan produk lokal yang sangat digemari oleh masyarakat dan apem ini sudah terkenal di penjuru Desa Wanarata bahkan di luar desa Wanarata.

Produk lokal ini sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua. dengan harga yang sangat terjangkau, cita rasa dan bentuk apem yang khas inilah menjadikan banyak masyarakat ketagihan untuk menyantapnya. Pemasaran apem khas Wanarata ini sudah menembus beberapa toko oleh-oleh di Pemalang, sehingga apem Wanarata ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh ketika kita berkunjung ke Kabupaten Pemalang.
Kelompok 39 Desa Wanarata Kec. Bantarbolang Kab. Pemalang – Berita Minggu Ke 2