Mahasiswa UIN Gus Dur berkolaborasi dengan mahasiswa UGM dan Leiden University Selenggarakan Kuliah Lapangan

Sabtu, 18 November 2023 Mahasiswa UIN Gus Dur berkolaborasi dengan mahasiswa program studi antropologi UGM dan Leiden University Selenggarakan Kuliah Lapangan di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan pada Jum’at hingga Minggu (17-19 November 2023). Kegiatan ini merupakan kali pertama dilaksanakan ini berbentuk riset bersama yang terbagi dalam 5 titik desa diantaranya Desa Wonokerto Kulon, Wonokerto Wetan, Api-Api, Tratebang, dan Pecakaran.
Sebanyak 40 mahasiswa dari tiga kampus secara kolektif dibagi dalam 8 tim yang melakukan penelitian tentang kegiatan perikanan tangkap, budidaya ikan, pengolahan ikan (pengawetan, pengemasan, dan metode), wisata laut, wisata pantai, perdagangan ikan, kerentanan masyarakat pesisir dan membaca masa depan masyarakat pesisir (maritime on future making).

Farid, salah satu mahasiswa Febi yang menjadi peserta kegiatan ini mengungkapkan perasaan senangnya mengikuti kegiatan ini. “Kegiatan ini menyenangkan. Kita bisa saling bekerja sama dalam melakukan penelitian”. Senada dengan Farid, Tiara dan Rosa juga menyebut, “pengalaman ini kali pertama kita rasakan. Kita bisa saling bertukar informasi, pengalaman, dan juga bacaan yang bermanfaat”.
Sementara Najmul Afad selaku koordinator lapangan menyebut bahwa kegiatan ini bagian dari kolaborasi antarkampus. Mahasiswa didampingi oleh Prof. Pujo Semedi, Agung Wicaksono, Ph.D, Ida Syarifa, MA, Nur Qomariyah Imzastini, MA dan M.Najmul Afad, MA. “Harapannya teman-teman mahasiswa bisa saling support dan membangun iklim akademik yang produktif. Riset adalah skill yang harus selalu diasah”, tutup Kepala Pusat Penelitian ini.
Riset akan difollow up dengan riset bersama 3 mahasiswa dari UGM, UIN Gus Dur dan Universitas Agder Norwegia selama 1 bulan pada Januari 2024 dengan tema besar Perubahan Cuaca Global dan Kehidupan Masyarakat Pantai yang nantinya juga bisa menjadi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka klaster riset.

Prof. Dr. Imam Kanafi, M.Ag selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menyampaikan, program ini merupakan ikhtiar yang sangat bagus dalam rangka pengembangan kompetensi bagi mahasiswa di era sekarang yang sangat membutuhkan kolaborasi antar perguruan tinggi terutama dengan perguruan tinggi luar negeri oleh karena itu perlu ada tindak lanjut yang lebih konkrit dalam tema-tema yang lebih bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan masyarakat. “Riset kolaboratif bertaraf internasional ini perlu dikembangkan lebih lanjut agar banyak civitas akademik uin gusdur yg berpartisipasi aktif agar daya saing terasah dan siap menuju world class university”, tutup Imam.


Reporter  : Mochammad Najmul Afad, M.A.
Redaktur  : Humas LP2M