LP2M IAIN PEKALONGAN Gelar Pelatihan Citizen Journalism for Social Transmation Bekal Bagi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Selama di Desa

kalisaleh

PEKALONGAN – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 47 mengikuti pelatihan “Citizen Journalism For Social Transmation“. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Pekalongan, Jumat (27/9) lalu, bertempat di Gedung Rektorat Ruang Sidang Lantai 3 IAIN Pekalongan.

Tidak semua mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini dari kalangan jurnalis atau UKM Al-Mizan namun ada juga yang baru belajar mengenai ilmu jurnalistik. Pelatihan ini yang memberikan materi adalah Mohammad Irsyad. “Pelatihan tekhnik penulisan berita ini diberikan kepada mahasiswa IAIN Pekalongan yang akan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 47 bertujuan supaya mahasiswa dapat membuat berita mingguan diupload di google classroom, dengan teknik yang benar”,  kata Irsyad saat membuka materi.

Ia menambahkan melalui pelatihan ini diharapkan mahasiswa setiap minggunya dapat mengirimkan berita mengenai apa saja yang sudah dilakukan oleh mahasiswa selama KKN di desa entah peristiwa, suatu kegiatan maupun pengalaman, “sesuai namanya Citizen Journalism, berita hanya ditulis oleh orang biasa bukan profesi jurnalis jadi kita sama-sama belajar”, ujarnya.

Pelatihan Citizen Journalism For Social Transmation berlangsung selama 2 jam. Irsyad memberikan materi sekaligus membimbing mahasiswa mulai dari cara membuat judul yang menarik sampai isi beritanya. Selama mengikuti pelatihan ini mahasiswa merasa termotivasi untuk membuat berita yang baik karna apabila berita nya memang menarik serta berkualitas akan dimuat di web LP2M IAIN Pekalongan.
(Kelompok 23 Desa Kalisaleh Kec. Belik Kab. Pemalang – Berita Minggu Ke 1)