LP2M Berikan Pendampingan Pembuatan Akun Google Scholar Bagi Cados Tahun 2019

alt

Rabu (15/5), LP2M IAIN Pekalongan memberikan pendampingan pembuatan akun google scholar kepada calon dosen PNS angkatan tahun 2019. Pendampingan ini dilaksanakan di gedung rektorat ruang sidang lantai 3. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memacu peningkatan produktivitas publikasi ilmiah di lingkungan IAIN Pekalongan. Kegiatan pendampingan ini dibuka dengan sambutan-sambutan dari pimpinan LP2M dan dipandu oleh Ahmad Khotim Muzakka, M.A., selaku instruktur.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kapus Bidang Penelitian, NanangHasanSusanto, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau mengutarakan pentingnya seorang dosen agar memiliki akun google scholar. Hal tersebut merupakan salah satu aspek untuk mengenalkan IAIN Pekalongan kedunia ilmiah melalui publikasi karyai lmiah. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa reputasi seorang dosen tidak hanya dinilai dari kegiatan mengajar saja. Akan tetapi, juga dilihat dari jumlah karya publikasi penelitian dan keterlibatannya dalam pengabdian kepada masyarakat.

Sambutan berikutnya dikemukakan oleh Dr. Maghfur, M.A., selaku Ketua LP2M. Melalui sambutannya, beliau menegaskan ulang pernyataan Kapus Bidang Penelitian bahwa tugas dosen bukan hanya sekadar mengajar, tetapi juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Riset dan pengabdian perlu ditingkatkan untuk kepentingan akademik dan masyarakat umum. Di sela-sela sambutannya beliau berkelakar, “Amal terbaik di Bulan Ramadan adalah membuat akun google scholar. ”Pernyataan tersebut disambut gelak tawa oleh peserta pendampingan pembuatan akun google scholar. Di akhir sambutannya, Dr. Maghfur,M.A. menyampaikan capaian publikasi ilmiah di lingkungan IAIN Pekalongan. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, kampus berjuluk Rahmatan Lil Alamin ini sudah menghasilkan sejumlah 323 riset. Harapannya, setelah kegiatan ini para calon dosen termotivasi untuk meningkatkan jumlah riset di IAIN Pekalongan.

Antusias peserta dalam kegiatan ini dapat dilihat dari semangat peserta yang hadir. Meski sedang berpuasa, mereka tetap mengikuti arahan instruktur sampai selesai. Salah satu peserta yang diwawancarai mengemukakan bahwa kegiatan ini sangat penting khususnya bagi calon dosen karena kaitannya dengan reputasi IAIN Pekalongan dan karir di masa mendatang. Terkait hal tersebut, LP2M bersedia memfasilitasi para calon dosen dan civitas akademika di lingkungan IAIN Pekalongan yang berminat meningkatkan kualitas diri dalam bidang penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat.