Komunitas Taman Baca Banyu Bening

Desa Bulakan, adalah desa dengan penduduk yang padat dengan wilayah yang luas. Luasnya wilayah di Desa Bulakan dimanfaatkan para penduduknya sebagai lahan pertanian. Sehingga tidak heran jika disini mayoritas adalah petani dengan sumber daya lokal jagung. Selain sebagai petani di Desa Bulakan juga trdapat sebuah kelompok, ada kelompok anak muda sampai ibu-ibu yang disebut dengan komunitas. Komunitas merupakan suatu kelompok sosial atau kumpulan individu yang teratur, dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.

Di Desa Bulakan ini terapat komunitas anak muda yang di berinama komunitas Banyu Bening, komunitas ini di dirikan oleh anak-anak muda di dusun Kalikeji dan telah mendirikan taman baca untuk anak-anak di dusun tersebut dan bahkan sampai anak yang keterbatasan biaya pendidikaan dan tidak bisa bersekolah. Komunitas tersebut dinamai Banyu Bening karena dilihat dari namanya banyu adalah air dan bening adalah jernih dimana komunias itu dapat menjernihkan atau membawa dampak baik bagi desa Bulakan. Komunitas Banyu Bening didirikan pada tahun 2015 dan sempat vakum selama 1 tahun dikarenakan kurangnya peminat.

Komunitas ini didirikan dengan tujuan meningkatkan minat baca bagi anak-anak sekaligus memberikan pengajaran kepada anak yang tidak dapat bersekolah. Rutinitas komunitas tersebut dilakukan di hari jum’at sore dan minggu pagi. Pembelajaran selalu dilakukan dengan tema yang berbeda dan setiap sebulan sekali dilakukan pembelajaran di alam (outdoor). Pembelajaran disana pun disesuaikan dengan jenjang usianya. Misal jika masih anak-anak atau usia dini maka pembelajaran disesuaikan, seperti pengenalan angka, huruf, maupun warna. Komunitas ini juga pernah disambangi oleh bule asal Prancis untuk mengikuti kegiatan camp literasi yang diadakan pada tanggal 5-6 Oktober 2019 yang berlokasi di Taman Baca Banyu Bening dusun Kalikeji Desa Bulakan. Semoga Taman Baca ini semakin berkembang dan membawa dampak positif bagi Desa Bulakan.
Kelompok 19 Desa Bulakan Kec. Belik Kab. Pemalang Berita Minggu Ke 3