Komunitas-Komunitas di Desa Gunungtiga Kecamatan Belik

BELIK-Desa Gunungtiga adalah desa dari kecamatan Belik yang termasuk desa yang paling sedikit kepadatan penduduknya dan penuh aktivitas-aktivitas yang rutin agama dan sosial. Dalam setiap rutinitasnya ada sebuah kelompok-kelompok dari instansi desa maupun warga desa seperti kelompok Organisasi masyarakat, lembaga pemerintahan desa ataupun aktivitas penunjang lainnya. Komunitas-komunitas di Desa Gunungtiga lumayan banyak. Dari kalangan orangtua sampai remaja.

Dari instansi pemerintah desa ada LPMD yang dikordinir oleh bapak Tahiro, BPD yang dikordinir oleh bapak Ahmad murtaudin, Karang Taruna,yang dikordinir oleh saudara Ahmad Nafi Hasani dan PKK yang dikordinir oleh ibu Alfiyatun. Ini adalah Instansi lembaga yang membantu dalam proses yang ada di pemerintahan desa Gunungtiga yang sesuai deskripsi pekerjaan yang telah ditentukan dari setiap undang-undang yang ada dalam sistem pemerintahan Desa.

Dari setiap komunitas memiliki aktivitas masing-masing yang berdasarkan program-program yang telah disepakati para anggotanya setiap tahunnya yang akan dilaksanakan secara bersama-sama. Komunitas ini ada yang bersifat dari kesadaran masyarakat akan kondisi di Desa maupun dari tuntutan setiap lembaga yang ada dipemerintahan desa.Dari setiap komunitas yang ada tidak jauh beda dengan adanya kominitas tersebut dari potensi-potensi yang ada, dari desa gunungtiga ini potensi yang paling besar dari pertanian dan peternakan yang dari pertanian banyak memanfaatkan program dari potensi dan masalah yang ada dan sebagai wahana penyatuan warga-warga tani di desa Gunungtiga, ini dibuktikan adaya kelompok tani wanita didesa Gunungtiga. Dan potensi selanjutnya yaitu tentang peternakan yang tergabung dalam kelompok ternak Dewi sri yang ada didesa gunungtiga.

Harapan paling besar kata pak heru selaku ketua kelompok ternak dari desa Gunungtiga ini semoga dalam pelaksaan pembinaan dan pendampingan penuh oleh pihak-pihak terkait seperti pemerintah, dan aktivitis ternak agar bisa mengubah mindset cara pandang peternak yang lebih mengarah kesistem manajemen dalam betenak dan beternak jangan berpikiran untung rugi, karena ternak adalah sebuah proses pengelolaan yang ikhlas, hasil bisa dilihat dengan usahanya mau atau tidaknya berubah dalam beternak wawancara pada Jumat, 18 Oktober 2019

Komunitas –komunitas yang ada didesa Gunungtiga ini sangat bervariasi dari basis agama sosial seperti adanya Nahdlatul ulam yang diketuani oleh pak Maun Musthofa, Muslimat Nu yang diketuani oleh Ibu Barokah, Fatayat Nu yang diketuani oleh Ibu Nafisah, IPNU-IPPNU yang diketuani oleh sahabat Rizal dan Puput. Komunitas dari kepemudaan di Desa Gunungtiga ini ada Pemuda pancasila yang diketuani oleh bapak Hernowo yang dalam programnya adalah basic kepemudaan dan tentang nasionalisme.

Dalam komunitas Organisasi ini seperti Nahdlatul Ulama adalah Ormas yang paling aktif dalam kegiatan pemasyarakatannya seperi kaum bapak yang dimotori oleh NU yang setiap malam jumat ada pertemuan disetiap wilayahnya dengan adanya yasin tahlul dan siraman rohani dan musyawarah tentang permasalahan atau sharing-sharing. Dan untuk kaum wanita ada pertemuan ruti yang dimotori oleh Muslimat dan Fatayat NU dalam program pertemuan rutin dan pengajian-pengajian. Dan untuk IPNU-IPPNU untuk kapasitas program pembelajran organisasi. “Di Gunungtiga ini kehidupan Organisasinya masih lemah dalam hal strukrtural Organsasi khususnya di NU sendiri tetapi untuk kultural keorgamisasian sangat kuat” tutur kata pak maun musthofa selaku ketua Nahdlatul ulam ranting Gunungtiga, wawancara ini dilakukan pada tanggal 24 Oktober 2019.

“Harapan besar dari banyaknya komunitas-komunitas yang ada di Desa Gunungtiga, dengan adanya komunitas seperti lembaga pemdes, Ormas dan aktivitas lainnya ini semoga komunitas ini bisa memajukan desa secara bersama-sama dengan pemerintah desa yang dalam hal ini desa Gunungtiga termasuk desa yang masih lemah dalam SDM yang ada dikalangan masyarakat desa Gunungtiga, dalam hal pembangunan intinya antara pemdes dan ormas atau komunitas harus ada kerjasama yang secara terus menerus untuk menjadikan Desa Gunungtiga ini sebagai desa yang mampu dalam menanggulangi setiap masalah yang ada didresa Gunungtiga”tutur kata pak Nahyono selaku Kepala Desa Gunungtiga.
Kelompok 22 Desa Gunungtiga Kec. Belik Kab. Pemalang Berita Minggu Ke 3