Kerajinan Bambu Hitam Desa Cawet Menembus Pasar Internasional

PEMALANG, Dukuh Watu Gajah Desa Cawet Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Cukup lama dikenal sebagai pembuatan kerajinan bambu. Eksistensi kerajinan bambu tersebut semakin kuat dengan diadakan pameran di kecamatan Watukumpul selama 3 hari dan kerajinan bambu Bpk Sahiri, warga dukuh Watu Gajah telah mencapai pasar Internasional, Rabu (16/10/2019).

Pada pameran yang masuk dalam agenda Pameran yang di adakan di Kecamatan Watukumpul tersebut. Di situlah di pamerkan produk kerajinan bambu. Dan Bpk Sahiri mempunyai kekurangan secara fisik tetapi dia mempunyai bakat yang sangat luar biasa. Ia mengatakan, awalnya kerajinan bambu yang di buat adalah alat-alat rumah tangga seperti, gelas, penampan. Namun baru baru pada tahun 2019 berkembang kerajinan yang lebih modern seperti Asbak dan Kaligrafi.

Perkembangan kerajinan tersebut tidak lepas dari tangan kreatif warga yang bernama Bpk Sahiri. Lelaki itu yang mengawali kerajinan modern,dan sudah sampai ke semarang, jakarta bahkan sudah sampai ke jerman. Dan dia cara memasarnya itu di rumah ketika ada yang pesen langsung menuju kerumahnya, dan dia memakai Bambu yang warna hitam dan tua dan ketika sudah jadi bambunya di pernis jadi kelihatan kinclong. Dan dia membuatnya tidak setiap hari, ketika ada pesenan dan bambu hitamnya ada. Ketika dia membuat kerajinan asbak dan gelas 1 hari bisa menghasilkan 4 asbak dan 4 gelas, sedangkan penampan satu hari menghasilkan 1 penampan karena lumayat rumit tetapi ada yang lebih rumit ketika membuat Kali Grafi sampai 2 hari hanya dapat 1 kali grafi. Dan harga per buahnya kalau Asbak dan Gelas itu satunya Rp 10.000, sedangkan penampan harganya Rp 50.000. Harga penampan lebih mahal karena cara pembuatanya lebih rumit dan lama dibandingkan gelas dan asbak.

Bapak profesinya selain pengrajin bambu dia juga bisa memotong rambut dan setiap hari juga ada yang motong rambut di rumahnya Bpk Sahiri. Dan dia yang mengkreasi anyaman bambu menjadi lebih berkembang bukan hanya sekedar alat dapur tapi banyak jenis. Bpk sahiri ini orangnya mandiri dan semangat walaupun secara fisik dia mempunyai kekurangan tetapi dia mempunyai bakat yang sangat luar biasa dan hebat. Dia tidak mempunyai karyawan dia membuat kerajinan bambu dan ptong rambut sendiri tanpa bantuan orang lain.
Kelompok 3 Desa Cawet Kec. Watukumpul Kab. Pemalang – Berita Minggu Ke 2