Kepala Desa Kaliloka: Forum Peduli Pendidikan menjadi Organisasi Sangat Urgen

kaliloka

Brebes-Kelompok KerjaNyata (KKN) IAIN Pekalongan kelompok 49 telah sampai di Desa Kaliloka Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes pada tanggal 7 Oktober 2019. Sedangkan kunjungan kelompok 49 ke rumah Kepala Desa Kaliloka Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes pada hari selasa, 8 Oktober 2019 pada pukul 08.00 WIB berjalan dengan lancar. Bapak Kepala Desa menyambut dengan baik kedatangan kelompok KKN.

Pembicaraan yang terjalin secara hangat membuat suasana membaur dan cair. Penggalian informasi yang sedang tim lakukan mengenai Desa Kaliloka banyak diperoleh. Desa Kaliloka terdapat 7 dukuh yang tersebar. Mayoritas mata pencaharian penduduk adalah bertani dan sudah memiliki ekonomi yang cukup.

Kesadaran pendidikan warga desa merupakan buah manis dari usaha keras pemerintah desa, Kepala Desa Kaliloka Nanang Khakim mengatakan bahwa, “Desa Kaliloka memiliki satu forum yang khusus menangani dalam bidang pendidikan. Kami selalu menggalakkan wajib belajar 12 tahun sesuai dengan peraturan pemerintah saat ini. Bagi warga desa Kaliloka yang memiliki anak usia wajib belajar namun tidak sekolah maka pemerintah desa akan memfasilitasi secara lengkap serta memotivasi anak tersebut”.

Forum ini sudah berjalan kurang lebih 3 tahun dan memperoleh hasil yang optimal. Hal ini dibuktikan dengan semakin berkurangnya angka putus sekolah di Desa Kaliloka.
(Kelompok 49 Desa Kaliloka Kec. Sirampog Kab. Brebes – Berita Minggu Ke 1)