Keindahan, Kealamian dan Keunikan Curug Bengkawah

sikasur

Gambar Curug Bengkawah

Sikasur – Mahasiswa KKN 47 IAIN Pekalongan kelompok 17 pada hari Selasa kemarin ( 08/10/19) melakukan kunjungan ke wisata alam di Desa Sikasur salah satunya adalah Curug Bengkawah yang lokasinya terletak di desa Sikasur.

Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah. Jarak tempuh Curug ini sekitar 35 km dari kota Pemalang dapat ditempuh 1,5 jam dengan kendaraan roda dua dari arah Pemalang. Curug Bengkawah ini masih asri dan indah, curug ini memiliki ketinggian hampir 50 meter dengan kedalaman muaranya sampai dengan 5- 15 meter. Melihat keindahan curug ini tak jarang membuat para pengunjung berdatangan pada saat Weekend tiba. Jalan menuju curug tersebut sangat mudah dilalui demgan berjalan kaki, dikarenakan medannya tidak terlalu sulit. Untuk menikmati keindahan alam curug ini sangat murah bagi para pengunjung, jadi diharapkan para pengunjung jangan mengotori dan nodai keindahan Curug Bengkawah dengan perbuatan yang tidak terpuji.

Curug Bengkawah ini dulunya masih menjadi Cagar Alam di Wilayah Pemalang namun, sekarang kepemilikannya beralih milik desa, sembari menunggu SK dari pemerintah turun. Melihat keindahan Curug Bengkawah ini sangat di sayangkan sekali karena fasilitas yang menunjang untuk wisata tersebut masih belum memadai. Perlu adanya pengembangan wisata tersebut agar lebih menarik pengunjung untuk berwisata. Keamanan di curug Bengkawah juga masih belum memadai. Padahal curug Bengkawah sendiri memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi obyek wisata yang diminati oleh warga masyarakat lokal maupum luar kota. Curug Bengkawah juga memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat menarik minat para pemgunjung, salah satu diantaranya yaitu terdapat banyak ikan Disekitar muara yang ada di Curug Bengkawah. hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya para pengunjung yang datang untuk sekedar memancing ikan disana.

Untuk meningkatkan potensi yang dimiliki oleh Curug Bengakawah sepertinya selain dari pihak POKDARWIS ( Kelompok Sadar Wisata) selaku pemgelola Curug Bengkawah juga diperlukan pihak-pihak lain seperi warga masyarakat sekitar, selain berperan untuk menjaga lingkungan Curug mereka juga dapat berperan untuk mempromosikan pesona alam yang dimiliki oleh Curug Bengkawah agar Curug Bengkawah dapat dikenaloleh masyarakat luas bahkan luar kota.
(Kelompok 17 Desa Sikasur Kec. Belik Kab. Pemalang – Berita Minggu Ke 1)