Desa Plompong Mengadakan Musyawarah Desa tentang Penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2020

Pada hari Rabu, 9 Oktober 2019, Pemerintahan tingkat desa Plompong Kabupaten Brebes menggelar Musyawaraah Desa (MusDes) tentang Penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2020 bertempat di balai desa Plompong Kec.Sirampog, Kabupaten Brebes.

Dalam acara tersebut, desa mengundang Camat Sirampog, BPD, para Kadus, Ketua RW, Ketua RT, LPM, Babinsa, Babinkantimas, pengurus PKK, para kepala sekolah di setiap tingkatan sekolah mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA serta perwakilan mahasiswa KKN IAIN Pekalongan.

Musyawarah Desa itu sendiri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para warganya untuk menuangkan aspirasi serta sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran antara para perangkat desa dengan warganya, selain itu juga untuk memberikan informasi kepada masyarakat desa melalui Musdes. Dalam musdes ini berbicara tentang penetapan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) tahun 2020.

Menurut penuturan dari bapak wasun Ketua RT 06 RW 01 dusun Gunung Sumping, “Bahwa musyawarah desa diselenggarakan tiap bulan sekali, kalau kemarin satu bulan dua kali”. Ia selalu menghadiri di setiap momen acara Musyawarah Desa.

Dalam musyawarah tersebut Kepala Desa bapak Suyanto serta ketua BPD bapak Wahibuddin memberikan beberapa informasi, petuah serta program yang akan dijalankan oleh pemerintahan desa Plompong. Untuk SekDes Bapak Darto sendiri memberikan pemaparan apa saja yang sudah dilakukan oleh pemerintah desa serta mencatat keluhan tiap warga.

Bapak Kepala Desa memberikan sebuah aturan kepada warganya, yaitu “SKTM tidak berlaku bagi siswa-siswi yang sekolah di luar Plompong”. Kemudian bapak Ketua BPD memberikan arahan kepada warga desa, “Tolonglah Bapak/Ibu RW/RT untuk siap siaga, apabila ada orang yang tidak dikenal ditanyai, kami mohon tolong untuk yang tidak ada diadakan, seperti poskamling untuk jaga-jaga desa biar tidak disalahkan sama kecamatan”.

Program yang telah tereleasasi di Desa Plompong yaitu, pembangunan jalan dan lingkungan, lapangan volly, drainase, peningkatan jalan masih proses dan program-program lainnya. Sedangkan program yang akan nantinya dijalankan di Pemerintahan Desa baru yaitu diantaranya yaitu ; Mobil Siaga.

Di samping itu, juga membahas tentang APBD-Des Perubahan tahun 2019, perubahan itu terjadi dikarenakan dari salah satu dukuh mendapat bantuan dari Dewan Kabupaten Brebes, yang mana sebelumnya daerah tersebut masuk dalam Anggaran desa dan digantikan dengan jenis kegiatan di dukuh lain. Selain itu, Musdes juga memberikan informasi bahwa untuk tahun selanjutnya dana desa 40%nya harus dialokasikan untuk pengembangan UMKM.

Para peserta MusDes begitu antusias dalam mengikuti musyawarah tersebut, ada yang mencatat pemaparan dari bapak SekDes tentang anggaran desa. Beliau memaparkan poin demi poin pada musyawarah tersebut serta memberikan kesempatan pada para hadirin untuk menyampaikan keluhan, permasalahan di tiap dusun.

Sementara usulan warga yaitu irigasi sawah, pengadaan alat jahit dan pelatihan , pengadaan alat bordir, sablon, kue, pelatihan usaha lele.
Kelompok 47 Desa Plompong Kec. Sirampog Kab. Brebes – Berita Minggu Ke 2