Buka Wisata Baru, Salah Satu Cara Mengembangkan Potensi Alam Desa Cikadu

Pemalang  Wisata Igir Merak di Pebukitan Desa Cikadu, Watukumpul, Pemalang, di buka oleh Pemerintah Desa Cikadu. (Sabtu, 19/10/2019)

“Kami membuka dan mengembangkan wisata alam di Desa Cikadu, untuk menggali potensi sumber daya alam yang ada” kata Tohir, Sekretaris Desa Cikadu. Selain menikmati keindahan panorama alam, kawasan yang menyimpan kekayaan sumber daya alam luar biasa ini juga menawarkan keindahan alam Desa Cikadu.

Warga masyarakat Desa Cikadu masih menjaga kelestarian alam di desa mereka. Meski begitu, masyarakat terbuka terhadap pendatang dan selalu menyambut tamu-tamu yang ingin ikut melestarikan daerah wisata Desa Cikadu.

Nawir, selaku ketua LPHD (Lembaga Pengelolaan Hutan Desa) menjelaskan, kelompok Karangtaruna, PKK, BUMDES, BPD, Persiba Nusantara, serta KKN IAIN Pekalongan Angkatan 47 turut membantu program pengembangan wisata ke masyarakat.

Pengembangan wisata alam ini, di dukung oleh kelompok-kelompok yang ada dengan menanam bibit kopi di sekitar kawasan wisata sehingga menjadikan wisata alam lebih indah.

Tak mudah untuk mencapai kawasan wisata Igir Merak ini. Butuh waktu sekitar 45 menit untuk menempuh jarak 5 kilometer dari Balai Desa Cikadu dengan berjalan kaki, kondisi jalan yang sempit hanya untuk melintas satu motor. Tidak ada penerangan dijalanan yang menanjak dan berkelok-kelok.

Kelompok 4 Desa Cikadu Kec. Watukumpul Kab. Pemalang – Berita Minggu Ke 2