BPJPH Adakan Rapat Koordinasi dengan LP3H se-Indonesia

Untuk mensinergikan percepatan sertifikasi halal produk makanan dan minuman di Indonesia dengan program Self Declare, BPJPH undang pengelola LP3H di Jakarta. Acara ini gelar selama dua hari, 10-11 Nopember 2023, di Hotel Grand Dafam Ancol kemayoran Jakarta. Pada rapat hari pertama ini digelar secara maraton dengan berbagai bahan rapat, seperti kebijakan, regulasi, program, dan juga penataan LP3H-P3H. Di sisi lain juga membahas persoalan-persolan teknis yangdihadapi oleh P3H dan LP3H di lapangan.
Menurut M. Aqil Irham, selaku Dirjen BPJPH bahwa program Self Declare ini tantangannya sangat besar, namun sekarang sudah mulai menunjukkan hasil. Regulasi yang ada perlu dilakukan terobosan-terobosan yang strategi sehingga keinginan menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia bisa terwujud. Demikian halnya dengan di LP3H, khususnya yang berbasis kampus harus bisa diwujudkan melalui program khusus, seperti KKN tematik.
Dari Halal Center UIN K.H. Abdurrahman Wahid hadir secara langsung, Kuat Ismanto selaku direktur. Pada acara yang digelar secara luring ini bisa mempertemukan para pengelola LP3H se-Indonesia, sehingga bisa bertukar pengalaman dengan pengelola lain. Para pengelola LP3H berharap bahwa rapat koordinasi ini bisa digelar secara rutin sehingga bisa menjadi ajang refreshment dan pemecahan solusi atas persoalan yang dihadapi di lapangan.


Reporter  : Dr. Kuat Ismanto, M.Ag.
Redaktur  : Humas LP2M